Minggu, 11 Maret 2012


Tipe Kepribadian Masing-masing Berdasarkan Tipelogi Manusia Menurut Claudius Galenus.

Tipologi kepribadian manusia menurut claudius galenus da bagi menjadi 4 macam,yaitu:
1.Sanguinikus.
2.melankolikus.
3.kholerikus.
4.flegmatikus.

Menurut seorang pemikir yunani kuno murid hipokrates yang bernama claudius galenus mengadakan tipelogi berdasarkan tempramen yaitu cairan-cairan yang terdapat dalam tubuh.
Berikut tipe-tipenya:
1.Sanguinikus.
         Tipe ini memiliki tipe periang dan optimis tapi mempunyai keburukan yaitu sifatnya mendatar kurang konsekuen dan kurang teratur hidupnya,perasaan tidak stabil,reaksinya tidak di pikirkan dalam-dalam.

2.Melankolikus.
         Tipe ini mempunyai ciri perasaannya selalu sedih,ketakutan,mudah tersentuh,sulit menyesuaikan diri pada lingkungan,hati-hati dalam tindakan,konsekuen,stabil jiwanya.

3.Kholerikus.
          Tipe ini memiliki ciri perasaan mendasarnya selalu merasa kurang puas,mudah emosional,gelisah,mau menang terus dan mudah tersinggung,kesukaran di atasi dengan energi yang berlebihan.

4.Flegmatikus.
           Tipe ini memiliki ciri selalu tenang,netral,tidak emosional,tidak mudah terharu,tidak mudah panik,pasif,tertib dan teratur.

        Dari tipe-tipe diatas saya lebih cenderung memiliki tipe KHOLERIKUS,yaitu dari perasaan yang selalu merasa kurang puas,mudah tersinggung,emosional,dan gelisah.Ciri-ciri orang KHOLERIKUS ini meski mudah tersinggung,tapi mereka tidak menyimpan dendam dan sering menyesali perbuatannya.

Saya bertolak belakang dengan orang yang memiliki tipe kepribadian SANGUINIKUS,karena mereka memiliki semangat yang berkobar-kobar,tidak pernah tenang dan tanpa tujuan.

        



Referensi:
http://www.psikologizone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar